. Tes IQ anak berkebutuhan khususKlinik Psikologi AMG clinic

Tes IQ anak berkebutuhan khusus



Tes IQ anak berkebutuhan khusus bisa dikatakan cukup diperlukan untuk melihat kemampuan dari anak berkebutuhan khusus itu sendiri. Tujuan dari tes IQ itu sendiri jelas, yaitu guna mengetahui tingkat intelegensi anak diumurnya. Apakah IQ anak tersebut normal, di atas rata - rata, atau malah di bawah normal. Anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristik atau ciri - ciri tersediri yang berbeda dari anak-anak pada umumnya. Yang termasuk kedalam kategori dari anak berkebutuhan khusus adalah tunarungu, tunanetra, tunalaras, tunadaksa, tunagrahita, gangguan perilaku, kesulitan belajar seperti :
Autisme dan spektrumnya
Down syndrom
Cerebral palsy
ADHD / ADD (hiperaktif / hipoaktif)
Terlambat bicara (speech delay)
Kesulitan berbicara dan kesulitan berbahasa
Gagap
Celah Langit Bibir
Gangguan Pendengaran
Kesulitan Mengunyah / Menelan
Kesulitan belajar (Learning differencial)
Kesulitan membaca (Dyslexia)
Kesulitan menulis (Dysphragia)
Kesulitan berhitung (Dyscalculia)
Mental Retardasi  dan Gangguan Tumbuh Kembang lainnya.

Dengan adanya tes IQ kita bisa melihat perkembangan IQ anak supaya tetap berada pada posisi normal atau diatas rata-rata bukan malah dibawah IQ normal.

Untuk Anak Berkebutuhhan Khusus yang mengalami Kesulitan Belajar, Tes IQ akan sangat berguna untuk mengukur tingkat kepintarannya dan juga melihat gangguan apa yang membuat keterlambatan perkembangan konsep dan mencari solusinya.
Tes IQ anak berkebutuhan khusus akan diperlukan untuk memonitorik kemampuan tumbuh kembang mereka. Sehingga walaupun mereka termasuk anak dengan berkebutuhan khusus namun mereka tetap bisa berfikir seperti anak biasa dan bekerja seperti biasa.
Untuk Tes IQ anak berkebutuhan khusus yang ditangani langsung oleh Psikolog Anak yang berpengalaman menangani Anak Berkebutuhan Khusus, segara hubungi AMG clinic di Jl. Mesjid Bendungan RT02/07 No.29 Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur dan di Ruko Bukit Cimanggu City Blok A1 No.42, Sebelah Hotel Bogor Icon, Kota Bogor. Telpon  / Whatsapp 085101403939 / 085374303939.



Tes IQ anak autis
Tes IQ anak autis  perlu dilakukan, karena memang dapat dikatakan bahwa tidak semua anak autis memiliki gangguan kognitif atau intelegensi. Autis sendiri merupakan gangguan perkembangan saraf yang biasanya ditandai dengan sulitnya berinteraksi ke teman-temannya atau bersosialisasi dan berkomunikasi seperti seharusnya. Biasanya gejala autis sendiri bisa diketahui pada anak berusia dibawah tiga tahun.
Tes IQ anak autis dilakukan guna mencari tahu tingkat kecerdasannya atau dalam hal intelegensi anak autis itu sendiri. Intelegensi merupakan suatu kemampuan berfikir atau lebih kepada pemahaman secara abstrak. Anak autis memang memiliki kemampuan berfikir yang sangat hebat. namun tetap saja ia memiliki hambatan komunikasi sosial. Namun untuk menuntun anak autis kekehidupan yang lebih baik diperlukan intervensi sejak dini. Sehingga walaupun ia mengalami gangguan komunikasi sosial namun ia tetap mampu meraih prestasi yang lebih baik kedepannya. Seberapa pentingkah tes IQ ini ? tentunya cukup penting untuk mengetahui perkembangan pola pikir anak dan cara menangani serta program terapi yang akan diberikan pada anak autis. Tentunya akan lebih terlihat bagaimana anak tersebut berkembang dan bagian mana yang salah pada anak autis tersebut, sehingga kita bisa mencari solusi-solusi yang baik untuk membantunya.
Tes IQ memang sering digunakan untuk mencari tingkat kepintaran seseorang, namun tidak hanya kepada orang normal saja, tentunya kita bisa memberikan tes tersebut kepada anak-anak autis.

Tes IQ anak kurang konsentrasi
Di jaman modern seperti ini memang anak - anak terkadang susah sekali untuk diajak belajar. Karena banyaknya fasilitas - fasilitas yang memudahkan dan memanjakan anak - anak kita. Sehingga otak anak kita tidak perlu berkonsentrasi penuh untuk meraih yang dia inginkan. Maka dari itu dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang Tes IQ anak kurang konsentrasi. Kurang konsentrasi memang sering dialami oleh anak-anak saat ini. Cara berfikir mereka yang serba instan membuat otaknya malas berfikir berlama-lama. Salah satu contoh yang paling sering adalah anak SD saat ini yang terlalu lama memengang gadget/smartphone atau bermain game. Efek yang terjadi ialah anak tidak bisa berkonsentrasi karena bukan berfikir ke pelajarannya namun lebih condong berfikir ke kesenangannya.
Maka dari itu perlunya tes IQ anak kurang konsentrasi agar terlihat berapa tinggi nilai anak tersebut. ada ukuran - ukuran yang memang ditetapkan. Misalnya nilai lebih dari 120 termasuk IQ yang sangat tinggi, skor 90-119 termasuk IQ yang normal, dan dibawah 90 termasuk IQ yang dibawah rata-rata.dari hasil tes tersebut bisa dilihat seberapa kuat anak tersebut berfikir dan berkonsentrasi. Karena memang di tes IQ memberikan soal - soal yang memang ditujukan untuk berfikir menggunakan otak kanan dan otak kiri. Sehingga bila anak tersebut kurang konsentrasi akan terlihat dari nilai tes tersebut. maka dari itu perlunya pengawasan orang tua untuk menjaga waktu bermain anak-anak agar tidak mengganggu jam belajar mereka. Sehingga ia akan lebih sering terbiasa berkonsentrasi ketimbang bersantai atau bermain. Dan juga kelak ia akan terus berprestasi dan membanggakan anda sebagai orang tua.

logo
Klik di bawah ini untuk langsung terhubung dengan kami.
  • Telepon
  • WhatsApp
  • Related Posts

    Buka Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel